Diduga Patok Belasan Juta, Oknum Lurah di Minut Persulit Pengurusan Surat Ahli Waris

0
415

BASUDARA.NET, Minut—Komitmen Pemkab Minahasa Utara (Minut) dibawah kendali Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung (JGKWL) menerapkan bebas Pungutan Liar (Pungli), ternyata belum sepenuhnya didukung perangkat daerah yang ada. Pasalnya, ada warga Kelurahan Airmadidi Atas yang mengeluhkan kinerja oknum Lurah yang masih mematok pungutan untuk pengurusan surat ahli waris, bahkan tak tanggung-tanggung besaran dana yang diminta oknum Lurah tersebut mencapai belasan juta rupiah.

“Kami sudah tiga minggu bolak-balik di Kantor Lurah Airmadidi Atas untuk mengurus surat ahli waris, dan Lurah Airmadidi Atas meminta harus memberikan imbalan baru bisa diproses surat ahli waris tersebut dan oknum Lurah tersebut meminta 12 juta rupiah baru ditanda tangani surat ahli waris tersebut,” kesal Tommy Kalesaran warga Airmadidi Atas, Rabu (10/2/2022).

Dijelaskan Tommy, surat ahli waris tanah ini merupakan hak kami keluarga yang mana dari orang tua kami yakni Almarhum Christian Lee Kalesaran, dan para ahli waris sert saksi-saksi sudah menandatangani surat tersebut tinggal pengesahan dari Lurah kemudian Camat. “Tapi sampai sekarang oknum Lurah Airmadidi Atas tidak mau menandatangani surat tersebut, padahal sudah 3 minggu kami datang di kantor Lurah untuk menyelesaikan surat ahli waris itu. Kami selaku keluarga ahli waris sangat kecewa dengan sikap aparat pemerintah yang seperti itu, padahal sudah instruksi Presiden untuk pengurusan surat-surat tidak ada Pungli,” tandas Tommy.

Hal ini sontak saja langsung mendapat sorotan aktivis Minut, Norris Tirayoh. Dia menyebutkan, sebaikanya bupati dan wakil bupati JGKWL bisa mengevaluasi kinerja oknum Lurah seperti itu. “Kalau perlu sudah kedapatan terbiasa melakukan Pungli seperti itu, sebaiknya langsung diganti,” tegas Tirayoh.

Sampai berita ini diturunkan, oknum Lurah Airmadidi Atas tak bisa dihubungi. (kyp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini