Pacu Pertumbuhan Ekonomi Minut, JG Tinjau Pembangunan Waduk Kuwil-Kawangkoan

0
239

BASUDARA.NET, Minut—Pembangunan Waduk Kuwil-Kawangkoan yang sudah mencapai 76 persen untuk konstruksi dan diperkirakan Agustus sampi September selesai, menjadi salah satu penggerak perekonomian di Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Rabu (2/2/2022) Bupati Minut Joune Ganda, SE bersama Penjabat Sekda Rivino Dondokambey, Kepala Bappelitbang Arnolus Wolayan, Kadis Perkim Donald Tintingon, Asisten II Alan Mingkid, dan Camat Kalawat Indria Nassa, melakukan peninjauan di lokasi proyek Waduk Kuwil-Kawangkoan.

Bupati Joune Ganda mengatakan, progres pembangunan Waduk Kuwil-Kawangkoan menunjukan semakin intens dan sudah baik, meskipun ada beberapa keterlambatan karena perubahan-perubahan dalam teknis sehingga itu mengakibatkan adanya jangka waktu yang perlu diundur, namun terlihat sudah hampir rampung. Secara keseluruhan konsep ini sangat luar biasa karena mengkombinasikan multi manfaat, mulai yang dari penanganan banjir, lahan konservasi penggunaan air baku, begitu juga untuk pariwisata termasuk budaya sehingga ini merupakan hal yang sangat baik bagi Kabupaten Minahasa Utara dan umumnya bagi Sulawesi Utara. “Apalagi ini akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi Minut, contohnya ini akan mampu menunjang perekonomian dengan konsep wisata budaya dan bersinergi dengan destinasi pariwisata super prioritas Likupang. Bagi wisatawan yang memilih wisata selain pantai bisa diarahkan kesini,” tandas Bupati Joune Ganda sembari menyebutkan sangat yakin dengan melihat perkembangan dan progres yang ada, tahun ini Waduk Kuwil Kawangkoan ini akan bisa beroperasi.

Sementara itu, Kasatker Pembangunan Waduk Kuwil-Kawangkoan Janeny Mamoto mengatakan, kami optimis antara Agustus dan September pembangunan konstruksi Waduk Kuwil Kawangkoan sudah selesai 100 persen, kalau sampai saat ini pembangunan sudah sekitar 75 persen. “Itu untuk konstruksi, sedangkan penggenangan air kita akan melihat setelah itu,” terang Mamoto didampingi PPK Hendrik Wauran.(bsn/kyp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini