Garap Kerjasama Internasional, UNIMA-SLSU Filipina Komitmen Tingkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

0
89

BASUDARA.NET, Tondano—Rektor UNIMA, Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, MPd memimpin secara langsung acara penandatanganan MoU kerjasama internasional untuk meningkatkan keunggulan tri dharma perguruan tinggi dengan Southern Luzon State University, Filipina Senin (8/8/2022) di Ruang Senat Rektorat UNIMA Tondano Minahasa.

Acara yang juga dihadiri secara langsung oleh jajaran pejabat di lingkungan UNIMA, diikuti pula secara daring oleh Presiden SLSU, Dr. Gracia B. Zoleta-Nantes beserta jajaran pimpinan SLSU.

Rektor UNIMA Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, MPd dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih secara khusus kepada Presiden SLSU yang secara personal sangat mendukung kolaborasi ini, serta tentunya mengapresiasi semua pihak yang telah berupaya menggagas, mendukung, dan meyelenggarakan program kerjasama ini. “Program ini meruapakan suatu bentuk program kerjasama yang spesial karena Indonesia, khususnya Sulawesi Utara dan Filipina secara letak geografis sangat dekat sehingga bisa secara mudah dan efisien untuk melakukan kegiatan kerjasama, misalnya pertukaran dosen dan mahasiswa, bahkan akan mempermudah untuk memahami kebutuhan peningkatan pendidikan masing-masing universitas karena adanya kesamaan kondisi,” terang Rektor.

Acara ini merupakan momentum terbaik bagi UNIMA untuk mewujudkan visinya menjadi kampus yang unggul dan inovatif. Melalui MoU ini, Rektor dan seluruh civitas akdemika UNIMA berkomitmen untuk bekerja bersama-sama dalam meningkatkan kualitas pencapaian tri dharma perguruan tinggi khususnya dalam penelitian yang inovatif dan berkelanjutan, pendidikan yang bermutu, serta pelatihan yang berkualitas untuk meningkatkan sumber daya manusia.

“Kerjasama internasional ini akan terus berlanjut dengan berbagai program berkualitas lainnya, yang nantinya bukan hanya di bidang pendidikan, tetapi juga diharapkan akan semakin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina,” harap Katuuk.

Ketua BKLN UNIMA, Dr. Jospeh Kambey, MBA, Ak, menyampaikan bahwa dengan terjalinnya kerjasama dengan SLSU, memberi peluang kepada seluruh program studi di UNIMA untuk merancang program kerjasama dengan SLSU terkait peningkatan kualitas tri dharma perguruan tinggi sebagai bentuk tindak lanjut realisasi dari MoU ini. Selanjutnya, Sekeretaris BKLN UNIMA, Elni Usoh, MLMED(Hons) menambahkan bahwa program ini merupakan hasil komunikasi dan koordinasi yang telah beberapa kali dilakukan dengan pihak SLSU sebelumnya, sehingga akhirnya boleh tercapai kesepakatan kerjasama yang tertuang dalam MoU ini. (kyp/bsn/*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini